Masalah-masalah pembelajaran yang mungkin ditemui:
1. Penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus,
2. Membangun relasi dengan siswa
3. Melakukan disiplin positif,
4. Pemberian feedback,
5. Metode pembelajaran,
6. Masalah motivasi,
7. Materi HOTS (High Order Thinking Skills),
8. Kemampuan literasi dan numerasi,
9. Miskonsepsi,
10. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran,
11. Asesmen,
12. Interaksi dengan orang tua siswa,
13. Menggunakan model-model pembelajaran inovatif
Berikut contoh cara mengidentifikasi masalah pembelajaran:
Contoh 1
A. Jenis Permasalahan
Materi HOTS (High Order Thinking Skills)
B. Masalah yang diidentifikasi
Meskipun siswa mudah melakukan eksplorasi materi, siswa masih memiliki kendala dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis kritis, sintesis, dan evaluasi.
C. Analisis identifikasi masalah
Indikator
Siswa masih sering mengeluh dan salah pada pengerjaan soal HOTS
Sebab
Kurangnya bimbingan dan pembiasaan pada latihan soal HOTS
Dampak
a.
Kemampuan siswa pada tingkat analisis kritis, sintesis, dan evaluasi
masih rendah
b. Keikutsertaan perwakilan sekolah pada ajang kompetensi di luar sekolah cukup rendah
Alternatif Solusi
a. Diperlukan pembimbingan dan pembiasaan latihan yang sistematis untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
b. Guru perlu merancang tugas yang mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif dan analitis.
Contoh 2
A. Jenis Permasalahan
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
B. Masalah yang diidentifikasi
Pemanfataan perangkat siswa yang kurang efektif pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
C. Analisis identifikasi masalah
Indikator
a. Penggunaan perangkat oleh guru terbatas pada tugas
atau aktivitas yang tidak terkait secara langsung dengan kurikulum atau
pembelajaran inti.
b. Guru tidak memiliki pelatihan yang memadai dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sehingga kurangnya pemahaman tentang cara memanfaatkannya secara efektif.
Sebab
a. Guru kurang mendapatkan dukungan atau pelatihan yang
cukup dari pihak sekolah dalam hal penggunaan teknologi kekinian dalam
pembelajaran.
b. Guru kurang
memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup dalam menggunakan teknologi
kekinian dalam pembelajaran.
c. Kemauan belajar
guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran mungkin kurang.
d. Mungkin ada resistensi terhadap perubahan atau ketidakpercayaan pada manfaat teknologi.
Dampak
a.
Siswa kurang termotivasi
atau tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran jika pemanfaatan perangkat
tidak memenuhi harapan siswa dan orang tua atau tidak menarik.
b. Kurangnya rencana pembelajaran yang terstruktur dengan integrasi teknologi dapat mengakibatkan ketidakjelasan tentang apa yang harus dicapai oleh siswa.
Alternatif Solusi
a.
Merancang pembelajaran yang terintegrasi perangkat dengan menggunakan
aplikasi kekinian
b.
Menjadi guru yang memilikim kemamuan untuk belajar merancang pembelajaran
yang terintegrasi perangkat dengan menggunakan aplikasi kekinian secara
kontiniu
No comments:
Post a Comment