Wednesday, April 17, 2024

Identifikasi Masalah Pembelajaran

Masalah-masalah pembelajaran yang mungkin ditemui:

1. Penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus,

2. Membangun relasi dengan siswa

3. Melakukan disiplin positif,

4. Pemberian feedback, 

5. Metode pembelajaran,

6. Masalah motivasi,

7. Materi HOTS (High Order Thinking Skills),

8. Kemampuan literasi dan numerasi,

9. Miskonsepsi,

10. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran,

11. Asesmen,

12. Interaksi dengan orang tua siswa,

13. Menggunakan model-model pembelajaran inovatif

Berikut contoh cara mengidentifikasi masalah pembelajaran:

Contoh 1

A. Jenis Permasalahan

Materi HOTS (High Order Thinking Skills)

B. Masalah yang diidentifikasi

Meskipun siswa mudah melakukan eksplorasi materi, siswa masih memiliki kendala dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis kritis, sintesis, dan evaluasi.

C. Analisis identifikasi masalah

Indikator

Siswa masih sering mengeluh dan salah pada pengerjaan soal HOTS

Sebab

Kurangnya bimbingan dan pembiasaan pada latihan soal HOTS

Dampak

a.     Kemampuan siswa pada tingkat analisis kritis, sintesis, dan evaluasi masih rendah

b.    Keikutsertaan perwakilan sekolah pada ajang kompetensi di luar sekolah cukup rendah

Alternatif Solusi

a.     Diperlukan pembimbingan dan pembiasaan latihan yang sistematis untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

b.  Guru perlu merancang tugas yang mendorong siswa untuk berpikir secara kreatif dan analitis.


Contoh 2

A. Jenis Permasalahan

Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran

B. Masalah yang diidentifikasi

Pemanfataan perangkat siswa yang kurang efektif pada pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran 

C. Analisis identifikasi masalah

Indikator

a.  Penggunaan perangkat oleh guru terbatas pada tugas atau aktivitas yang tidak terkait secara langsung dengan kurikulum atau pembelajaran inti.

b.    Guru tidak memiliki pelatihan yang memadai dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sehingga kurangnya pemahaman tentang cara memanfaatkannya secara efektif.

Sebab

a.    Guru kurang mendapatkan dukungan atau pelatihan yang cukup dari pihak sekolah dalam hal penggunaan teknologi kekinian dalam pembelajaran.

b.    Guru kurang memiliki pemahaman dan keterampilan yang cukup dalam menggunakan teknologi kekinian dalam pembelajaran.

c.    Kemauan belajar guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran mungkin kurang.

d.    Mungkin ada resistensi terhadap perubahan atau ketidakpercayaan pada manfaat teknologi.

Dampak

a.   Siswa kurang termotivasi atau tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran jika pemanfaatan perangkat tidak memenuhi harapan siswa dan orang tua atau tidak menarik.

b.   Kurangnya rencana pembelajaran yang terstruktur dengan integrasi teknologi dapat mengakibatkan ketidakjelasan tentang apa yang harus dicapai oleh siswa.

Alternatif Solusi

a.   Merancang pembelajaran yang terintegrasi perangkat dengan menggunakan aplikasi kekinian

b.   Menjadi guru yang memilikim kemamuan untuk belajar merancang pembelajaran yang terintegrasi perangkat dengan menggunakan aplikasi kekinian secara kontiniu

No comments:

Post a Comment