REFKEKSI BERBAGI SEORANG CALON GURU PENGGERAK
Oleh
Nispu Mabrur, S.Pd
Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kota Padang
Pembelajaran sosial-emosional menjadi aspek
penting dalam pendidikan saat ini. Sebagai calon guru penggerak, saya berusaha
untuk mengimplementasikan pembelajaran sosial-emosional di kelas 6 SD. Namun,
saya menyadari bahwa rekan-rekan guru perlu diberi pemahaman dan pengetahuan
yang sama tentang modul ini.
PERISTIWA
Apa yang saya lihat dalam proses tersebut?
1.
Saya berbagi pengalaman
dalam upaya mengimplementasikan pembelajaran social emosional di kelas 6 SD.
2.
Saya menjelaskan
bagaimana upaya menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung
perkembangan kompetensi akademik maupun social emosional murid.
3.
Namun, saya menyadari
bahwa rekan rekan guru belum memiliki pemahaman dan pengetahuan yang sama
tentang pembelajaran social emosional.
4. Penerapan pembelajaran sosial emosional yang masif dan terukur, dan berkolabrasi sangat diperlukan dengan kondisi lingkungan belajar murid, baik di sekolah maupun rumah, apalagi di lingkungan masyarakat.
PERASAAN
Apa yang saya rasakan sehubungan dengan proses yang saya alami?
1.
Saya merasa antusias
untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik, namun juga sedikit cemas karena
rekan-rekan guru belum familiar dengan pembelajaran soisla Emosional.
2.
Saya ingin rekan-rekan
guru dapat memahami pentingnya pembelajaran social emosional dan mendukung
upaya saya dalam mengembangkannya di kelas dan bersama-sama menerpakan di
sekolah.
3.
Namun, saya juga
merasa perlu bersabar dan membangun pemahaman bersama secara bertahap.
PEMBELAJARAN
Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut?
1.
Saya mendapatkan
kesempatan untuk menjelaskan konsep dan pentingnya pembelajaran
sosial-emosional bagi perkembangan murid.
2.
Beberapa rekan guru
menunjukkan ketertarikan untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi dan
praktik pembelajaran sosial-emosional yang dapat diterapkan.
3.
Saya juga mendapatkan
masukan dari rekan-rekan guru tentang tantangan yang mereka hadapi terkait
dengan murid yang membutuhkan dukungan sosial-emosional.
PEMBELAJARAN
Apa umpan balik yang saya dapatkan?
1. Rekan-rekan guru memberikan umpan balik yang positif atas upaya saya dalam membagikan pengalaman pembelajaran sosial-emosional.
2. Mereka menyatakan bahwa topik ini menarik dan menjadi hal yang penting untuk dipelajari bersama
3. Beberapa rekan guru juga meminta saya untuk menyediakan referensi terkait pembelajaran sosial-emosional.
PENERAPAN
Apa yang ingin saya perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas?
1. Saya ingin menyusun rencana untuk mengadakan sesi pelatihan atau diskusi rutin bagi rekan-rekan guru tentang pembelajaran sosial-emosional bersama dua CGP lainnya di sekolah melalui kegiatan Komunitas Belajar.
2. Saya juga akan bekerja sama dengan pimpinan sekolah untuk memasukkan modul ini dalam program pengembangan kompetensi guru.
3. Selain itu, saya ingin mengembangkan materi pembelajaran sosial-emosional yang dapat digunakan bersama.
No comments:
Post a Comment