Sunday, April 21, 2024

Contoh Study Kasus Meningkatkan Kemampuan Memorisasi Rumus Siswa

 

Study Kasus

Meningkatkan Kemampuan Memorisasi Rumus Siswa

Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Tekanan

Dengan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Projek

Berbantukan Aplikasi Canva dan LKPD Berdesign


A.      Deskripsi Studi Kasus

Topik kasus yang akan penulis uraikan adalah upaya peningkatan kemampuan memorisasi rumus siswa kelas 8 SMP DEK pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan fokus pada materi tekanan. Topik ini penting karena kemampuan memahami dan mengingat rumus dalam IPA merupakan pondasi penting untuk pemahaman konsep lebih lanjut dalam capaian pembelajaran IPA. Rumus dan konsep seringkali harus diingat dah difahami. Kurangnya kemampuan memorisasi dapat menghambat kemajuan belajar siswa.

Dalam merancang pembelajaran, penulis mengintegrasikan model pembelajaran berbasis projek dengan metode diskusi dan kerja kelompok. Praktik Pembelajaran didukung oleh teknologi kekinian menggunakan aplikasi Canva. Siswa diberi kesempatan untuk membuat projek poster tentang tekanan dengan design yang sesuai dengan kesukaan siswa terhadap suatu kombinasi warna dan elemen design. Evaluasi dilakukan melalui observasi,  penilaian poster, dan formatif tertulis. Hasil yang diharapkan meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi tekanan dan kemampuan siswa dalam mengingat rumusnya, sekaligus melibatkan aspek kreativitas dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok.

B.       Analsis Situasi

Pada saat perancangan dan evaluasi pembelajaran terkait masalah kurangnya kemampuan memorisasi rumus siswa kelas 8 SMP dalam pembelajaran IPA pada materi tekanan, situasinya melibatkan identifikasi kebutuhan individual siswa. Proses ini mencakup pemahaman mendalam terhadap minat, kemampuan, dan preferensi siswa terhadap warna, elemen dan karakter design. Penulis sebagai guru IPA berperan sebagai perancang pembelajaran dengan merumuskan model pembelajaran berbasis projek dengan metode diskusi dan kerja kelompok. Penulis juga merancang pembelajaran dengan melibatkan penerapan aplikasi Canva untuk menciptakan projek poster dengan design yang menarik sesuai dengan preferensi siswa. Selain itu, agar pembelajaran lebih terarah, penulis merancang Lembar Kerja Peser Didik (LKPD). Penulis merancang LKPD berdesign dan berwarna dengan menggunakan aplikasi Canva.

Dalam perancangan dan evaluasi, penulis melibatkan beberapa pihak. Penulis melibatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, rekan guru dalam kolaborasi untuk mengidentifikasi masalah, dan pihak sekolah dalam mendukung pelaksanaan. Tantangan utama adalah menyesuaikan design pembelajaran agar sesuai dengan keberagaman minat dan preferensi siswa, sehingga pembelajaran dapat lebih efektif dan menarik. Hambatan muncul dalam penyesuaian dan pengelolaan waktu untuk melibatkan pembelajaran berbasis projek tanpa mengorbankan pemahaman terhadap konsep.

Dalam mengatasi kendala tersebut, perlu strategi adaptasi dan kolaborasi yang kuat antara guru dan siswa. Evaluasi dilakukan untuk memastikan efektivitas model pembelajaran dan design poster Canva dalam meningkatkan kemampuan memorisasi siswa terhadap rumus tekanan. Dalam menghadapi tantangan ini, penulis berusaha menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

 

C.       Alternatif Solusi

Dalam menghadapi tantangan kurangnya kemampuan memorisasi rumus siswa kelas 8 SMP DEK pada materi tekanan, penulis menerapkan serangkaian langkah nyata untuk merancang pembelajaran yang inovatif dan efektif. Pertama, penulis melakukan analisis terhadap kebutuhan individu siswa, memperhatikan minat, kemampuan, dan preferensi siswa terhadap design pembelajaran. Hal ini memberikan wawasan yang mendalam untuk merancang pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Langkah selanjutnya adalah merancang model pembelajaran berbasis projek dengan metode diskusi dan kerja kelompok. Hal ini memberikan siswa kesempatan untuk aktif terlibat dalam pembelajaran. Selain itu juga dapat meningkatkan daya ingat melalui pengalaman langsung. Aplikasi Canva digunakan sebagai alat untuk membuat projek poster yang menarik, memadukan elemen design sesuai dengan preferensi siswa. Dengan cara ini, konsep materi dan rumus tekanan dapat dihadirkan secara estetis.

Sumber daya yang penulis gunakan melibatkan perangkat kurikulum yang mendukung model pembelajaran berbasis projek, serta penguatan pada siswa dalam penggunaan aplikasi Canva. Sumber daya pembelajaran ini mencakup modul ajar dan LKPD Berdesign, serta tayangan langkah pembelajaran dan simpulan materi sebagai contoh hasil design menggunakan aplikasi Canva untuk memberikan inspirasi kepada siswa. Sumber daya lain yang penulis gunakan adalah halaman website pendidikan dan channel youtube yang berisikan video materi dan seputaran pembahasan pendidikan yang penulis kelola sendiri. Selain itu, kolaborasi dengan rekan guru dilakukan untuk berbagi pengalaman dan mendukung penerapan model  pembelajaran ini secara konsisten.

Dalam mengatasi kendala, penulis memastikan dukungan penuh dari pihak sekolah. Dukungan termasuk pada alokasi waktu dan fasilitas yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis projek. Sumber daya tambahan seperti pelatihan mandri pada PMM dengan topik yang berkesesuaian dengan inovasi pembelajaran juga dimanfaatkan untuk memperkaya keterampilan pengajaran penulis. Dengan menggabungkan langkah-langkah ini, alternatif solusi diharapkan dapat mengatasi tantangan dalam meningkatkan kemampuan memorisasi siswa terhadap rumus tekanan dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik serta relevan bagi siswa kelas 8 SMP DEK.

D.      Evaluasi

Penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan metode diskusi dan kerja kelompok yang didukung oleh aplikasi Canva untuk membuat projek poster, serta LKPD Berdesign berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hasilnya mencakup peningkatan pemahaman konsep tekanan dan kemampuan memorisasi rumus. Hal ini tercermin dari partisipasi aktif siswa dalam diskusi dan pembuatan projek poster.

Dampak positif juga terlihat dalam aspek motivasi siswa. Proses pembelajaran yang kreatif dan disesuaikan dengan minat siswa, seperti pemilihan elemen dan karakter design membuat pembelajaran lebih menarik. Penggunaan Canva dalam menciptakan poster materi memudahkan siswa dalam menggambarkan konsep materi secara estetis. Design yang menarik dan warna yang disukai membantu memperkuat ingatan siswa terhadap rumus.

Secara keseluruhan, evaluasi menunjukkan bahwa langkah yang diambil telah berhasil mengatasi masalah awal. Peningkatan pemahaman siswa dan motivasi belajar yang dicapai melalui pembelajaran berbasis projek dapat menjadi landasan untuk pengembangan lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas 8 SMP.

No comments:

Post a Comment