Friday, June 5, 2020

Pembahasan Soal Garis dan Sudut Matematika Kelas 7

Salam Juara buat sobat juara,
Belajar bisa dimana saja dan lewat apa saja. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin canggih. Lewat teknologi, pengetahuan apapun dengan mudah sobat juara bisa akses. 
Salah satu yang bisa sobat akses sebagai referensi belajar adalah blog Juara Jaman Now ini. Nah, kali ini sobat juara akan diajak belajar lewat channel YOUTUBUE JUARA JAMAN NOW. Setelah itu, silakan pelajari pembahasan Soal Garis dan Sudut Matematika Kelas 7 di bawahnya.

Video materi "Garis dan Sudut"👇

Yuk kita bahas soal berikut👇
1. Dua garis apabila dipanjangkan dan tidak memiliki titik pertemuan, maka kedua garis tersebut....
A.  Berpotongan
B. Bersilangan
C. Berhimpit
D. Sejajar
Jawab: D
Pembahasannya👇
Dua garis sejajar adalah dua garis yang apabila dipanjangkan tidak akan bertemu walupun hingga tak terhingga panjangnya

2. Perhatikan gambar balok berikut!





Dua garis yang bersilangan pada balok di atas adalah...
A. AB dan CD
B. BC dan AD
C. AB dan CG
D. BC dan CG
Jawab: C
Pembahasannya👇
AB dan CD 👉Sejajar
BC dan AD 👉Sejajar
BC dan CG 👉Berpotongan
Dua garis yang bersilangan adalah AB dan CG

3. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kaki sudut
(2) Titik sudut
(3) Ujung Sudut
(4) Daerah sudut
Bagian-bagian sudut yang benar ditunjukan oleh nomor....
A. (1), (2), (3)
B. (1), (2), (4)
C. (1), (3), (4)
D. (2), (3), (4)
Jawab: B
Pambahasannya👇
Adapun yang tidak termasuk bagian-bagian sudut adalah ujung sudut. Agar lebih jelas, sobat juara bisa lihat pada video materi di atas.

4. Besar suatu sudut 30°, penyiku dari sudut tersebut adalah....
A. 30°
B. 60°
C. 120°
D. 150°
Jawab: B
Pembahasannya👇
Penyiku dari sudut adalah pembuat suatu sudut menjadi sudut siku-siku yang besarnya 90°. Suatu sudut ditambah dengan penyikunya = 90°.
Sehingga👇
Jika misal penyiku sudut = x,  maka
x + 30° = 90°
x = 90° - 30°
x = 60°

5. Perhatikan gambar berikut!






Besar penyiku dari sudut di atas adalah....
A. 40°
B. 50°
C. 140°
D. 150°
Jawab: A
Pembahasannya👇
Misal besar penyiku sudut = x,  maka
x + 50° = 90°
x = 90° - 50°
x = 40°

6. Suatu sudut sama dengan 2 kali penyikunya. Besar sudut tersebut adalah...
A. 30°
B. 60°
C. 120°
D. 150°
Jawab: B
Pembahasannya👇
Misal penyiku sudut = x,  maka sudut = 2x
Ingat👉suatu sudut + penyikuya = 90°
Sehingga
2x + x = 90°
3x = 90°
x = 90°/3
x = 30°
Karena yang ditanya besar sudut, maka:
Sudut = 2x
Sudut = 2.30°
Sudut = 60°

7. Perhatikan gambar berikut!






Besar pelurus dari sudut di atas adalah....
A. 40°
B. 50°
C. 130°
D. 150°
Jawab: C
Pembahasannya👇
Misal besar pelurus sudut = x,  maka
x + 50° = 180°
x = 180° - 50°
x = 130°

8. Perhatikan gambar berikut!







Besar x + 20° adalah....
A. 55°
B. 75°
C. 110°
D. 130°
Jawab B
Pembahasannya👇
2x + 70° = 180°
2x = 180° - 70°
2x = 110°
x = 110°/2
x = 55°
Sehingga
x + 20° = 55° + 20°
x + 20° = 75°

9. Suatu pelurus sama dengan 3 kali besar sudutnya. Besar sudut tersebut adalah....
A. 45°
B. 60°
C. 135°
D. 180°
Jawab: A
Pembahasannya👇
Misal besar sudut = x,
maka pelurus sudut = 3x
Sehingga
x + 3x = 180°
4x = 180°
x = 180°/4
x = 45°

Semoga Bermanfaat ya Sobat
Ayoooo Sobattt👇
Bantu follow Blog Juara Jaman Now ini
dan
Subscribe Youtube Juara Jaman Now
https://www.youtube.com/channel/UCoLxYOXNfqYThoEEAAsbgNQ

Friday, May 1, 2020

Belajar Dari Rumah Memberi Ruang Kreativitas Bagi Guru dan Siswa

Belajar dari rumah sebuah program pemindahan belajar siswa dari sekolah ke rumah efek dari pandemi covid 19. Belajar dari rumah dapat memberi ruang kreativitas bagi guru dan siswa.  Di kota Padang sendiri siswa belajar dari rumah sudah berlangsung satu bulan lebih. Belajar dari rumah bukan berarti tanpa bimbingan guru. Seluruh bentuk aktivas pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah dipindahkan ke rumah melalui sistem daring atau online. 

Dengan sistem pembelajaran daring, guru mau tidak mau harus kreatif dalam menyajikan kegiatan belajar siswa. Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung kerja kreatif guru guna mengasah kemampuan akademik dan keterampilan siswa. Untuk melaksanakan tatap muka online agar guru tetap bisa menjelaskan materi, berdikusi langsung dengan siswa dan menjawab pertanyaan siswa, guru dapat menggunakan aplikasi Google Meet, Zoom, microsoft teams, dan yang lainnya.Untuk memberikan materi dan tugas maupun melaksanakan penilaian secara online pun banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh guru, seperti google classroom, google form, microsoft teams, geschool, quintal dan WA juga bisa. Asal guru mau belajar, semua bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran dari rumah yang dilaksankaan secara daring. Secara tidak langsung, semua juga dapat mendukung kerja kreatif guru sehingga siswa tetap memperoleh pengalaman belajar yang tepat walaupun dalam keterbatasan ruang.

Dengan sistem pembelajaran daring, guru semakin kreatif pada saat mau belajar mengembangkan media pembelajaran. Salah satu pengembangan media pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru adalah media pembelajaran dalam bentuk video. Lagi-lagi, banyak aplikasi yang bisa digunakan oleh guru untuk mendukung kreativitas guru untuk membuat media pembejaran dalam bentuk video. Ada aplikasi editing video yang bisa dipasang di laptop, seperti camtasia, Filmora, dan banyak yang lainnya. Namun jika para guru ingin sambil nyantai membuat video pembelajaran bisa juga menggunakan aplikasi yang bisa dipasang pada smartphone atau android, seperti Kinemaster dengan fitur lengkapnya, juga ada InShoot, dan video editor lainnya. Sebagai contoh hasil dari pembuatan video pembelajaran lewat aplikasi berbasis smartphone atau android, bisa para guru lihat pada video Youtube berikut:

 Materi IPA Kelas 8 - Cahaya


Materi IPA Kelas 8 - Bunyi


Materi IPA Kelas 8 - Pesawat Sederhana

Dengan sistem pembelajaran daring, guru juga bisa kreatif dalam menyusun kegiatan siswa yang bermanfaat bagi  diri mereka dan juga bagi orang tua mereka. Hal hasil, belajar dari rumah juga dapat menumbuhkan kreativitas siswa. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa selama belajar dari rumah dengan bimbingan guru seperti meminta siswa mengenal lebih dalam karakter orang tua mereka. Mumpung pada masa belajar dan kerja dari rumah selama pandemi covid 19, kebersamaan orang tua berada di rumah bersama anak-anak mereka seharian. Mungkin sebelum masa pendemi covid 19 ini, aktivitas bersama di rumah antara si anak dan orang tua dibatasi oleh pekerjaan yang menyita waktu banyak di luar rumah bagi orang tua. 
Selama work from home orang tua, siswa bisa memanfaatkannya untuk lebih dekat mengenali karakter orang tua sehingga siswa bisa mengisi ruang-ruang cinta untuk orang tua mereka. Belajar dari rumah semakin berarti jika hal ini dapat dilakukan oleh siswa dengan pengarahan dan bimbingan guru. Selain itu guru juga bisa menumbuhkan keativitas siswa dengan membimbing siswa membuat karya pembelajaran yang bermanfaat, seperti membuat video pembelajaran sambil membantu orang tua menyapu, memasak, mencuci, dan bentuk pekerjaan rumah yang lainnya. Salah satu karya video pembelajaran siswa sambil membantu orang tua di rumah bisa dilihat seperti video berikut!

Siswa SMP DEK Padang belajar IPA dari rumah sambil mencuci piring bantu orang tua.

Belajar dari rumah tidak membuat seseorang bermalas-malasan. Banyak hal yang bisa dilakukan. Banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk memunculkan kreativitas diri selama masa belajar dari rumah. Baik bagi guru dan siswa, belajar dari rumah dapat memberi ruang kreativitas.

Semoga Bermanfaat
Salam Sehat
Salam Juara

Monday, February 3, 2020

Seruuu Ngegame Buatan Sendiri "Food Drop"

Salam semangat sobat Juara,
Yuk Ngegame. Seru pastinyanya. Lebih seru lagi ngegame game buatan sendiri. Pastinya ditambah dengan karakter game yang bisa menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan saat memainkan game tersebut sehingga ngegame tidak hanya sekedar main. Bisa juga ditambahkan nilai-nilai karakter yang bisa diambil saat anak-anak memainkan game tersebut. Lebih seru lagi jika dimasukkan gambar dengan karakter si anak yang akan memainkannya.

Berikut Game Food Drop yang dibuat yang mampu menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan saat memainkannya!

Cara Bermain!
1. Klik PLAY untuk memulai memainkan Game
2. Menangkap Buah Apel (Bukan Tulisan) mendapat Score 2,
3. Menang permainan jika Score mencapai 100
4. Life berkurang jika menangkap Boal basket atau Buah Aple Tidak tertangkap
5. Kalah Permainan jika Life 0
6. Menang atau Kalah bisa mengulang memainkan game dengan mengklik "Coba Lagi"


         

SELAMAT MENCOBA BERMAIN....
SEMOGA BERMANFAAT
YA SOBAT JJN

Sunday, February 2, 2020

Belajar Coding "Teacher as Game Maker" Game Ikan

Assalammu'alaikum Sobat JJN

Dalam hal membangun pengetahuan siswa, guru harus mampu mengantarkan siswa pada beberapa aspek kecerdasan. Guru harus mampu mewujudkan siswa yang tidak hanya cerdas dalam penguasaan materi pelajarannya saja, melainkan juga siswa harus cerdas dalam penguasaan teknologi dan informasi, serta cerdas dalam berinovasi dan berkreatifitas.
Salah satu inovasi dan kreativitas yang bisa dikembangkan kepada siswa sembari mempersiapkan siswa menuju penguasaan perkembangan teknologi dan informasi adalah Coding. Namun, sebelum siswa dikenalkan dengan coding sebagai alternatif media pengembangan pengetahuan, tentu guru harus terlebih dahulu kenal dan mengerti. Guru bisa belajar coding dasar dengan menggunakan pengkodean pazzel untuk membuat Game berbasis edukasi. "Tecaher as Game Maker" sebuah sebutan teruntuk guru yang mau mengembangkan diri dengan belajar coding dasar guna menghasilkan sebuah game edukasi yang nantinya membuat siswa senang dalam membangun pengetahuan. Berikut salah satu karya "Teacher as Game Maker", tentunya karena masih baru masih jauh dari lingkup edukasi dan masih butuh pengembangan ke arah edukasi.

Cara main:
1. Klik bendera hijau untuk memulai bermain
2. Jika bersentuhan dengan ikan kecil dapat score 2
3. Menang permainan jika Score mencapai 100 atau lebih
4. Jika bersentuhan dengan ikan besar, maka score berkurang 5
5. Kalah permainan jika score minus 10
6. Jika mennag atau kalah bisa berman kembali dengan cara mengklik "Coba Lagi"


        

    Berikut backdrop dan sprite beserta script membuat game di atas!

    

SEMOGA BERMANFAAT
YA SOBAT

Monday, October 21, 2019

Latihan Sukses Ujian Semester Ganjil IPA Kelas 7

Assalammualaikum sobat JJN,
  Semoga selalu semangat ya. Ujian semester ganjil semakin dekat nih. Lebih kurang 1,5 bulan lagi, tepatnya minggu kedua Desember. Apakah sobat JJN sudah mulai mempersiapkan diri? Jika sudah, ya alhamdulillah. Bagaimanapun setiap usaha yang dilakukan oleh seseorang pastilah akan menuai hasil sebesar usaha yang dilakukan, malahan mungkin bisa lebih. Olehkatena itu, yuk perbesar usaha. Sebagaimana dalam konsep fisika, semakin besar usaha terhadap sebuah benda maka akan semakin jauh perpindahan yang akan dialami oleh benda tersebut. 
     Begitu juga kiranya usaha yang sobat JJN lakukan saat mempersiapkan diri agar bisa sukses nanti pada Ujian Semester Ganjil SMP tahun pelajaran 2019-2020. Semakin besar usaha sobat JJN saat belajar,  seperti membaca buku atau kerjakan latihan2 soal maka akan semakin besar hasil yang akan diperoleh, berupa nilai yang bagus dan yang terpenting adalah berupa ilmu pengetahuan yang tersimpan lama di dalam pikiran sobat JJN. 
     Bagi sobat JJN yang sedang duduk di bangku kelas 7 SMP Kurikulum 2013, berikut soal-soal yang bisa sobat JJN jadikan latihan persialan Ujian Semester Ganjil SMP mata pelajaran IPA. Adapun soal-soal berikut merupakan soal-soal fisika yang merupakan bagian dari IPA. Semoga soal-soal berikut bisa membantu ya sobat menuju sukses Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019-2020.

Latihan Sukses Ujian Semester Ganjil IPA Kelas 7
Kurikulum 2013
Tahun Pelajaran 2019-2020

1.   Jika ananda ingin menjadi seorang peneliti dan belajar melakukan penyelidikan ilmiah. Tahapan yang benar yang harus ananda lakukan dalam penyelidikan ilmiah adalah ....
A.Mengamati, mengkomunikasikan, membuat inferensi
B.Membuat inferensi, mengamati, mengkomunikasikan
C.Mengkomunikasikan, mengamati, membuat inferensi
D.Mengamati, membuat inferensi, mengkomunikasikan

2.  Perhatikan beberapa sikap berikut!
(1)  Rasa ingin tahu     
(2)  Pesimis                  
(3)  Teliti
(4) Ceroboh
(5) Sabar
Sikap yang harus dimiliki oleh seorang peneliti adalah ....
A.    (1), (3), dan (5)      
B.    (1), (4), dan (5)      
C.  (2), (3), dan (4)
D.  (2), (4), dan (5)



3.Tristan membantu ibu menimbang massa 1 kg cabe menggunakan  Neraca. 
   Pada pernyataan di atas yang merupakan satuan dari suatu besaran adalah ….
A.    Massa                             
B.    Kg                        
C.  Cabe
D.  Neraca

4.  Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Besar kecepatan cahaya 300.000.000 m/s
(2)Suhu di daerah tropis rata-rata tidak kurang dari 291o Kelvin
(3) Luas wilayah Indonesia mencapai 5,19 x 1012 m2
(4)Total panjang jalan di Indonesia 496.607.000 meter
Besaran turunan dan satuan SI-nya yang benar terdapat pada pernyataan….
A.     (1) dan (2)                 
B.     (1) dan (3)           
C.   (2) dan (3)
D.   (2) dan (4)

5.  Perhatikan tabel berikut!
No
Besaran (X)
Satuan (Y)
Alat Ukur (Z)
1
Tekanan
Kilogram
Stopwatch
2
Waktu
Pascal
Termometer
3
Berat
Kelvin
Neraca
4
Suhu
Menit
Manometer
Pasangan antara besaran pokok, satuan dalam SI dan alat ukur yang tepat adalah.... 
A.    X1 ,Y2, Z4                            
B.    X1,Y2, Z3                              
C.  X, Y3 ,  Z2
D.   X4 , Y4, Z4

6. Pernyataan berikut yang menggunakan satuan tidak baku adalah….
A.Panjang meja yang diukur Galang 6 jengkal
B.Bulan depan usia ayah memasuki 60 tahun
C.Sekolah membolehkan panjang rambut 2 cm
D.Massaku naik 2 kg

7.  Untuk berotasi bumi memerlukan waktu 24 jam. Dalam satuan SI, waktu tersebut sama dengan….
A.    1440 s                       
B.    8640 s                    
C.  14400 s
D.  86400 s

8. Ani membantu ibu membeli gula 2000 gram. Dalam satuan SI, massa gula yang dibeli Ani adalah ....
    A.    0,2 kg                   
B.    2 kg                      
C.  20 kg
D.  200 kg      

9. Kansa mengukur sebatang kayu seperti gambar berikut!






    Panjang kayu adalah….
A.    3,1 cm                              
B.    3,3 cm                              
C.  3,5 cm
D.   3,7 cm


10.Eko mengukur panjang sebuah kotak menggunakan jangka sorong dengan hasil seperti gambar berikut!     







Panjang kotak adalah ....
A.    7,25 cm                          
B.    7,75 cm                           
C.  8,25 cm
D.  8,75 cm

11.Seorang guru PJOK menghitung waktu lari siswanya menggunakan ....
A.    Mistar
B.    Termometer
C.   Stopwatch
D.   Jangka Sorong  



12.Semua yang memiliki massa dan dapat menempati ruang disebut….
A.    Zat                              
B.    Senyawa                     
C.  Unsur
D.  Campuran

13. Alkohol termasuk zat cair karena….

A.  bentuk dan volumenya tetap
B.  bentuk dan volumenya tidak tetap
C.  bentuknya tetap, tetapi volumenya tidak tetap
D.  bentuknya tidak tetap, tetapi volumenya tetap

14.  Perhatikan tabel berikut!

Zat A
Zat B
Zat C
        Bentuk
       Berubah
      Tetap
      Berubah
       Volume
       Beruba h
      Tetap 
      Tetap
   Susunan   Partikel
 Tidak  Teratur
      Teratur
    Kurang  Teratur
  Berdasarkan karakteristik zat-zat pada table di atas maka zat A, B, dan C berturut-turut adalah….
A.    Padat, Cair,Gas                   
B.    Gas,Padat,Cair          
C.   Gas,Cair,Padat
D.  Cair,Padat,Gas