Wednesday, March 6, 2024

PENULISAN KISI-KISI DAN SOAL SUMATIF TENGAH SEMESTER GENAP IPA (Part FISIKA) KELAS VIII

 

Kisi-Kisi IPA FISIKA
 Sumatif Tengah Semester Genap Kelas 8

 

1. Diberikan gambar balok, siswa dapat menetukan besar tekanan balok dengan benar.

2. Diberikan gambar seekor ikan dalam sebuah aquarium, siswa dapat menentukan besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan dengan benar.

3. Diberikan gambar seseorang yang berenang pada kedalaman terrtentu dengan besar tekanan yang diketahui, siswa dapat menentukan posisi kedalaman orang tersebut dengan benar.

4. Diberikan beberapa nama alat/benda, siswa dapat menentukan penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

5. Diberikan gambar dan pernyataan tentang pipa hidrolik, siswa dapat menentukan besar gaya yang bekerja pada salah satu penampang pipa hidrolik dengan benar.

6. Diberikan informasi suatu peristiwa benda terapung, siswa dapat menentuka besar gaya apung yang bekerja pada benda dengan benar.

7. Diberkan gambar benda terapung, melayang, dan tenggelam, siswa dapat dapat menentukan urutan posisi benda dengan benar.

8. Diberikan gambar bandul, siswa dapat menentukan lintasan getaran bandul dengan benar

9. Diberikan gambar bandul, siswa dapat menentukan panjang amplitudo getaran bandul dengan benar.

10. Diberikan gambar bandul, siswa dapat menentukan periode getaran bandul dengan benar.

11. Diberikan gambar bandul, siswa dapat menentukan frekuensi getaran bandul dengan benar.

12. Diberikan peristiwa benda bergetar, siswa dapat menentukan besar periode dan frekuensi getaran benda dengan benar.


SOAL IPA FISIKA
 Sumatif Tengah Semester Genap Kelas 8

1. Sebuah balok memiliki berat 200 N dan berukuran 2 m x 4 m x 5 m akan diletakkan di atas permukaan sebuah lantai. Berikut gambar bentuk balok!








Besar tekanan yang diberikan balok terhadap lantai adalah ….

A.    4 N/m2

B.     5 N/m2

C.     16 N/m2

D.    25 N/m2

Jawaban: D

 

2. Sebuah aquarium kecil memiliki kedalaman air 14 cm. Seekor ikan berenang 4 cm dari dasar aquarium tersebut seperti gambar berikut!

Gambar Ikan dalam Aquarium






Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka besar tekanan hidrostatis yang dialami ikan adalah ….

A.    1.000 Pascal

B.     1.400 Pascal

C.     4.000 Pascal

D.    14.000 Pascal

Jawaban: A


3. Seorang perenang berlatih berenang pada sebuah kolam yang berisi ar dengan massa jenis 1.000 kg/m3. Saat posisi menyelam, perenang merasakan tekanan air kolam sebesarar 10.000 N/m3. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2, maka posisi perenang menyelam di kolam pada kedalaman …. meter.

       Jawaban: 1 (Soal Isian Singkat)


4. Sains merupakan ilmu terapan dimana konsep terapannya dapat ananda jumpai pada perlatan/benda yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa alat yang sering ananda jumpai atau lihat dalam kehidupan sehari-hari berikut ini!

(1)   Dongkrak hidrolik

(2)   Mesin hidrolik

(3)   Kapal selam

(4)   Jembatan hidrolik

(5)   Jangkar kapal

Diantara alat/benda di atas yang merupakan alat/benda yang menggunakan prinsip hukum pascal adalah ….

A.    (1), (2), (3)

B.     (1), (2), (4)

C.     (1), (3), (4)

D.    (2), (3), (4)

Jawaban: B


5. Seorang montir akan memperbaiki bagian bawah sebuah mobil. Untuk mengangkat mobil tersebut montir menggunakan mesin hidrolik dengan prinsip kerja seperti gambar berikut!







Besar gaya tekan pada pipa kecil mesin hidrolik yang diperlukan montir adalah …. N

Jawaban: 100 (Soal Isian Singkat)

 

6. Sebuah kapal memiliki volume 150 m3. Kapal terapung di permukaan laut dengan 2/3 bagian tercelup di bawah permukaan laut. Jika massa jenis air laut 1.100 Kg/m3 dan percepatan graviasi  10 m/s2, maka besar gaya ke atas yang bekerja pada kapal adalah ….

A.    1.1000 N/m2 

B.     11.000 N/m2 

C.     110.000 N/m2 

D.    1.100.000 N/m2 

Jawaban: D

 

7. Dalam suatu percobaan sains, dicelupkan 3 buah balok ke dalam sebuah wadah yang berisi air. Posisi balok pada wadah dipelihatkan seperti gambar berikut ini!






Pernyataan yang benar posisi balok dalam wadah adalah ….

A.    Benda A melayang

B.     Benda A terapung

C.     Benda B melayang

D.    Benda B tenggelam

E.     Benda C tenggelam

F.      Benda C terapung

Jawaban: B, C, E (Soal AKM Multiple Kompleks)


8. Pada suatu percobaan sains menghitung jumlah getaran digetarkan sebuah bandul. Bandul bergetar seperti gambar berikut!








Bandul bergetar sebanyak 2 kali getaran kemudian diam. Lintasan 2 kali getaran bandul berdasarkan gambar di atas adalah …

A.    A-C

B.     A-C-A

C.     A-C-A-C

D.    A-C-A-C-A

Jawaban: D


9. Pada suatu percobaan sians, Andi menggetarkan sebuah bandul. Bandul bergetar seperti gambar berikut!








Panjang lintasan A ke C yang dilewati bandul adalah 6 cm. Panjang amplitudo getaran bandul adalah …. cm

 Jawaban: 3 (Soal Isian Singkat)


10. Pada suatu percobaan sains, tc Nispu meminta Kenzi menggetarkan sebuah bandul seperti gambar berikut!








Bandul bergetar melewati lintasan K-L-M-L-K dalam waktu 0,2 sekon. Periode getaran bandul adalah ….

A.    0,1 s

B.     0,2 s

C.     0,4 s

D.    0,8 s

Jawaban: B

11. Pada suatu percobaan sains, tc Nispu meminta Jonathan menggetarkan sebuah bandul seperti gambar berikut!








Bandul bergetar melewati lintasan K-L-M-L-K dalam waktu 0,2 sekon. Frekuensi getaran bandul adalah …. Hz

Jawaban: 5 (Soal Isian Singkat)


12. Sebuah mobil melaju pada suatu jalan yang tidak rata dan berbatuan. Mobil bergetar sepanjang melaju pada jalan tersebut. Mobil bergetar 50 kali dalam waktu 5 sekon. Pernyataan yang benar adalah ….

A.    Mobil bergetar dengan frekuensi 0,1 Hz

B.     Mobil bergetar dengan frekuensi 10 Hz

C.     Mobil bergetar dengan periode 0,1 s

D.    Mobil bergetar dengan frekuensi 10 s

Jawaban: B,C (Soal AKM multiple Kompleks)


SALAM JUARA

Channel Youtube Juara Jaman Now

Monday, December 4, 2023

ARTIKEL EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA

 

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORISASI RUMUS USAHA DAN ENERGI DI SMP DEK.

Nispu Mabrur, S.Pd

Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023

Abstrak : Kemampuan mengingat dan memahami rumus merupakan hal fundamental dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) berbantuan aplikasi Canva dalam meningkatkan kemampuan memorisasi rumus usaha dan energi pada siswa kelas 8 SMP DEK. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Terdapat dua kelompok yang masing-masing diberi perlakuan berbeda, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model PBL berbantuan Canva dan kelas kontrol tanpa model PBL dan Canva. Subyek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 8 yang terbagi dalam dua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas eksperimen model PBL berbantuan Canva dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 26,97 poin daripada kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran PBL berbantuan Canva terbukti efektif meningkatkan kemampuan memorisasi rumus siswa dalam pembelajaran IPA.

Kata kunci: Memorisasi rumus, pembelajaran berbasis proyek, Canva, IPA

PENDAHULUAN

Kemampuan mengingat dan memahami rumus merupakan hal fundamental dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Rumus-rumus dalam IPA menjadi dasar bagi pemahaman konsep-konsep penting dan menunjang kemahiran dalam perhitungan serta analisis permasalahan terkait. Namun, penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP kerap mengalami kesulitan dalam mengingat rumus-rumus IPA (Rohmawati, 2015).

Project Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar (Moss & Van Duzer, 1998). Pembelajaran Berbasis Proyek melibatkan aktvitas pemecahan masalah yang mengintegrasikan berpikir kritis, keterampilan manajemen, dan teknik melalui proses investigasi. Keunggulan model Pembelajaran Berbasis Proyek antara lain meningkatkan motivasi siswa, memberi pengalaman nyata, sekaligus melatih kerja sama tim dan disiplin (Genareta, 2015).

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang memungkinkan pembuatan desain secara mudah dan cepat. Fitur Canva meliputi gambar, video, animasi, dan lain sebagainya. Penggunaan Canva untuk media presentasi dalam pendidikan telah terbukti efektif karena tampilan visual yang menarik serta kemudahan pengoperasian membuat minat dan pemahaman siswa menjadi lebih baik (Nurdyansyah, 2018).

Memorisasi adalah kemampuan menyimpan dan memahami informasi di memori dan mengingatnya kembali. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi memorisasi, seperti pengulangan, asosiasi, visualisasi, minat, dan konsentrasi (Santoso, 2017). Strategi yang dipakai dalam model pembelajaran turut mempengaruhi keberhasilan memorisasi siswa (Ngalimun, 2020).

Materi Usaha dan Energi merupakan salah satu materi dalam Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Materi Usaha dan Energi memuat beberapa konsep penting seperti definisi Usaha dan Energi, satuan Usaha dan Energi, serta rumus Usaha dan Energi serta penerapannya dalam perhitungan soal (Kemendikbud, 2022).

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas 8 SMP DEK, ditemukan permasalahan yang serupa. Sebagian besar siswa kelas 8 mengalami kesulitan dalam mengingat rumus usaha dan energi. Akibatnya, penerapan rumus dalam soal menjadi tidak maksimal. Siswa cenderung menghafal rumus sesaat sebelum ulangan harian, tanpa pemahaman konsep yang baik. Dampak berkelanjutannya adalah kurangnya pemahaman terhadap konsep dan penerapan dari suatu materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut: “Apakah penerapan model project based learning berbantuan aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan memorisasi rumus usaha dan energi pada siswa kelas 8 SMP DEK?” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model project based learning berbantuan aplikasi Canva dalam meningkatkan kemampuan memorisasi rumus Usaha dan Energi pada siswa kelas 8 SMP DEK.

METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan desain Eksperimen Semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Terdapat dua kelompok yang masing-masing diberi perlakuan berbeda, yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Canva dan kelas kontrol tanpa model Problem Based Learning dan Canva. Subyek Penelitian Subyek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 8 yang terbagi dalam dua kelas. Kelas 8.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 15 siswa dan kelas 8.2 sebagai kelas kontrol berjumlah 15 siswa. Instrumen Penelitian Instrumen berupa soal tes formatif materi Usaha dan Energi sejumlah 5 soal berbasis literasi dengan 4 tipe soal, yaitu: pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat dan benar atau salah.  Tes formatif untuk mengukur kemampuan memorisasi rumus siswa.

HASIL DAN PEMBAHASAN

1.      Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva

Pembelajaran dengan penerapan model Project Based Learning berbantuan plikasi Canva diawali dengan menampilkan konsep-konsep penting pada materi Usaha dan Energi melalui permainan kuis interaktif menggunakan aplikasi Word Wall. Selanjutnya siswa melakukan eksplorasi materi dalam diskusi kelompok dengan bantuan LKPD yang dirancang oleh guru. Siswa mengerjakan projek dalam kelompok membuat poster konsep Usaha dan Energi beserta contoh penerapannya dengan bantuan aplikasi Canva.

Hasil observasi dan penilaian terhadap karya poster siswa menunjukkan pencapaian tujuan penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva. Peningkatan pemahaman konsep yang diharapkan terdesain dengan baik pada karya poster siswa. Siswa juga memberikan umpan balik positif terkait penerapan model Project Based Learning berbantuan Canva yang dirasakan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas.

 

2.      Hasil Uji Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Canva

Hasil tes formatif kelas ekperimen penerapan model pembelajaran berbasis projek berbantuanCanva  dan kelas control.

Kelas 8.1

(Kelas Eksperimen)

Kelas 8.2

(Kelas Kontrol)

100

100

60

94

76

100

100

50

94

60

94

93

80

47

100

100

100

47

100

53

100

47

100

93

100

60

80

80

100

47

 

Berdasarkan data nilai formatif kedua kelas yang Bapak berikan, berikut ini hasil analisis uji-t independen menggunakan SPSS:

Tabel 1. Hasil Uji-t Nilai Tes Formatif Siswa

 

Levene's Test

t-test for Equality of Means

F

0.183

 

Sig.

0.670

 

t

 

9.32

df

 

62

Sig. (2-tailed)

 

0.000

Mean Difference

 

26.97

Std. Error Difference

 

2.89

95% Confidence Interval of the Difference (Lower Bound - Upper Bound)

 

21.19 - 32.75

 

Nilai signifikansi uji Levene adalah 0.670 (di atas 0.05), sehingga variansi kedua kelompok diasumsikan sama. Pada output uji-t didapatkan nilai signifikansi 0.000 (di bawah 0.05) yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai yang signifikan antara kelas eksperimen model PBL berbantuan Canva dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 26.97 poin daripada kelas kontrol. Dengan demikian model Pembelajaran Berbasis Projek berbantuan Canva terbukti efektif meningkatkan kemampuan memorisasi rumus siswa.

 

KESIMPULAN:

Penerapan model Pembelajaran Berbasis Projek berbantuan Canva menunjukkan bahwa langkah yang diambil telah berhasil mengatasi masalah awal. Penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan metode diskusi dan kerja kelompok yang didukung oleh aplikasi Canva untuk membuat projek poster berhasil meningkatkan keterlibatan dan kreativitias siswa dalam pembelajaran. Hasilnya mencakup peningkatan pemahaman konsep Usaha dan Energi serta kemampuan memorisasi rumus. Hal ini tercermin dari hasil observasi, dan penilaian projek poster, serta hasil posttest siswa kelas yang menerapkan model Pembelajaran Berbasis Projek berbantuan Canva lebih tinggi daripada kelas yang tidak menerapkan model Pembelajaran Berbasis Projek berbantuan Canva.

SARAN

Uji coba penerapan model Pembelajaran Berbasis Projek berbantuan Canva ini merupakan penelitian sederhana yang masih dalam kelompok terbatas dan skala kecil. Penulis memberikan saran perlunya dilakukan bagi peneliti selanjutnya dalam skala yang lebih besar.

Daftar Pustaka

Generata, L. (2015). Project Based Learning: A Practical Guide for K-12 Classrooms. Corwin Press.

Kemendikbud. (2022). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Kemendikbud.

Moss, P. A., & Van Duzer, T. (1998). Using Classroom Assessment to Improve Teaching and Learning. Corwin Press.

Ngalimun. (2020). Model Pembelajaran dan Penerapannya dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara

Nurdyansyah, A. (2018). Efektivitas Penggunaan Canva dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2), 101-114.

Santoso, P. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Memorisasi Rumus pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6(1), 11-17.


Download di sini Artikel