Thursday, June 6, 2019

SKL Ujian dan Materi Ujian IPA Semester Genap Kelas 8 Kurikulum 2013

Semangat pagi selalu sobat JJN
     Semangat merupakan modal besar untuk sebuah hasil besar dari usaha dan kerja yang dilakukan seseorang. Semoga semangat juga menjadi modal sobat JJN dalam berusaha mempersiapkan diri menghadapi ujian semester genap yang sebentar lagi akan diikuti. Tentu hasil yang diperoleh akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.  Sebagaimana dengan makna yang terkandung dalam Hukum 3 Newton yang berbunyi "Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan".
      Hukum 3 Newton merupakan hukum yang menyatakan tentang konsep aksi dan reaksi. Jika terhadap suatu benda diberikan aksi, maka akan timbul reaksi yang besarnya sama dari benda tersebut. Jika dihubungkan ke dalam konsep belajar, maka dapat dimaknai bahwa jika seseorang belajar dengan baik, maka proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil yang baik. Maksudnya,  cara belajar untuk mendapatkan nilai 100 tentu akan berbeda dengan cara untuk mendapatkan  nilai 40 atau 50. Belajar untuk mendapatkan nilai 100 tentu proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil dengan nilai 100. Belajar yang hanya mungkin mendapatkan nilai 40, maka proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil 40.
      Untuk membantu usaha sobat JJN belajar mempersiapkan ujian semester genap tahun ajaran 2018-2019 berikut disajikan materi uji ujian. Meteri ujian berikut merupakan Materi Uji Ujian Semester Genap IPA tahun pelajaran 2018-2019 Kelas 8 Kurikulum 2013 pada SMP di Kota Padang. Semoga bisa menjadi acuan sobat JJN dalam belajar ya.....

Meteri Uji Ujian Semester Genap Kelas 8
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Pelajaran 2018-2019 Kota Padang

1. Konsep tekanan
2. Tekanan pada zat padat
3. Tekanan pada zat cair
4. Gaya apung
5. Tenggelam, terapung, dan melayang
6. Pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan
7. Tekanan darah pada sistem peredaran darah
8. Organ pernafasan dan fungsinya
9. Mekanisme pernafasan
10. Volume pernafasan
11. Gangguan pada sistem pernafasan
12. Struktur dan fungsi ginjal
13. Proses pembentukan urine
14. Struktur dan fungsi kulit
15. Paru-paru dan hati sebagai sistem ekskresi
16. Gangguan pada sistem ekskresi
17. Konsep getaran
18. Periode dan frekuensi getaran
19. Konsep gelombang
20. Besaran-besaran pada gelombang
21. Karakteristik gelombang bunyi
22. Cepat rambat bunyi
23. Resonansi pada tabung
24. Bagian telinga dan fungsinya
25. Pemanfaatan gelombang bunyi
26. Sifat-sifat cahaya
27. Bayang-bayang
28. Pemantulan pada cermin datar
29. Pemantulan pada cermin lengkung
30. Sifat pembiasan cahaya
31. Pembiasan cahaya pada lensa tipis



SEMOGA BERMANFAAT YA SOBAT JJN
Saatnya Menjadi Juara

SKL Ujian Semester Genap Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

Assalammu'alaikum sobat JJN,
Semoga selalu sehat dan semangat ya.
Tinggal beberapa hari lagi, sobat JJN akan dihadapkan pada Ujian Semester Genap tahun ajaran 2018-2019. Sudah pada siap atau beluuum? Tentunya sudah ya sobat JJN. Mempersiapkan diri sebelum Ujian dengan belajar merupakan suatu keharusan jika sobat JJN mengharapkan hasil dan nilai yang baik nantinya. Perlu sobat JJN tekankan bahwa mendapatkan nilai bagus itu merupakan suatu hal yang baik, namun di saat sobat JJN sudah belajar dengan baik, namun hasil yang diperoleh tidak sebagus yang diharapkan. Ingatlah bahwa ada yang lebih penting dari hanya sekedar nilai, yaitu ilmu. Dengan belajar tentu sudah banyak ilmu yang tertransfer ke dalam fikiran sobat JJN yang pasti nanti akan lebih bermanfaat daripada hanya sekedar nilai.
Sebagai acuan saat belajar, sobat JJN bisa mempedomani SKL ujian. Nah, berikut merupakan bagian dari SKL Ujian Semester 2 pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2018-2019 yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan di Kota Padang. SKL ujian matematika berikut merupakan SKL Ujian Semester Genap Matematika SMP kelas 7 tahun ajaran 2018-2019 yang sudah dijabarkan menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi Ujian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Ujian Semester Genap Matematika kelas 7
SMP Kota Padang Tahun ajaran 2018-2019 

1. Siswa dapat membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
2. Siswa dapat menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
4. Siswa dapat menentukan perbandingan yang ekuivalen. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
5. Siswa dapat menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
6. Siswa dapat membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai X dalam 5 : 2 = 10 : X. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
7. Siswa dapat membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
8. Siswa dapat menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
9. Siswa dapat mengenal fenomena atau aktivitas yang terkait dengan aritmatika sosial (penjualan, pembelian, potonban, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, netto, tara). (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
10. Siswa mendapatkan informasi yang terkait dengan aritmatika sosial. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
11. Siswa dapat menentukan hubungan antara penjualan, pembelian, untung, dan rugi. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
12. Siswa dapat menentukan bunga tunggal dan pajak. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
13. Siswa dapat menentukan hubungan antara bruto, netto, dan tara.(Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
14. Siswa dapat memecahkan masalah terkait dengan aritmatika sosial baik melalui tanya jawab, diskusi, atau presentasi. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
15. Siswa dapat memahami dan menjelaskan hubungan antar garis
16. Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit.
17. Siswa dapat membagi garis menjadi beberapa bagian sama panjang.
18. Siswa dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat.
19. Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul).
20. Siswa dapat melukis sudut yang besarnya sama dengan yang diketahui.
21. Siswa dapat membagi sudut menjadi dua sama besar
22. Siswa dapat menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku.
23. Siswa dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis transversal
24. Siswa dapat menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyekesaikan soal
25. Siswa dapat menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
26. Siswa dapat mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga.
27. Siswa dapat memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
28. Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.
29. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
30. Siswa dapat menemukan jenis segitiga berdasarkan sifat-sifatnya
31. Siswa dapat memahami keliling dan luas persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang
32. Siswa dapat memahami keliling dan luas segitiga
33. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segiempat dan segitiga.
34. Siswa dapat memahami garis-garis istimewa pada segitiga
35. Siswa dapat menerapkan konsep keliling dan luas segiempat dan segitiga untuk menyelesaikan masalah
36. Siswa dapat menyelesaikan soal penerapan bangun datar segi empat
37. Siswa dapat menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan.
38. Siswa dapat mengenal data dalam kehidupan sehari-hari
39. Siswa dapat memahami cara mengumpulkan data
40. Siswa dapat mengolah data
41. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang
42. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis
43. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
44. Siswa dapat membaca diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
45. Siswa dapat menafsirkan diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran



SEMOGA BERMANFAAT

Monday, December 17, 2018

Latihan Soal Ujian Nasional IPA Fisika

Selamat Pagi sobat JJN,
     Semoga selalu dalam kondisi baik dan selalu bersemangat untuk menjadi juara ya sobat JJN. Tidak terasa pembelajaran di sekolah 6 bulan sudah berlalu, berarti tidak beberapa bulan lagi sobat JJN kelas 9 sudah mendekati Ujian Nasional 2018-2019. Tentu sobat JJN yang sedang duduk di bangku kelas 9 sudah mulai mempersiapkan diri dengan membaca catatan dan buku-buku Sukses Ujian Nasional sampai berlatih menjawab soal-soal tipe Ujian Nasional seperti soal-soal tahun sebelumnya atau soal-soal prediksi.
     Nah, juga sebagai bahan latihan buat sobat JJN berikut Soal Latihan Ujian Nasional mata pelajaran IPA terkhusus fisika yang bisa sobat kerjakan di rumah secara mandiri atau bersama guru privat atau bisa jadi dikerjakan bersama guru di sekolah. Semoga bisa bermanfaat dan membantu sobat JJN menuju Sukses Ujian Nasional 2018-2019.

Soal Latihan 
Ujian Nasional IPA Fisika

1. Dalam sebuah percobaan, Ariel memperoleh data sebagai berikut:
(1) Volume benda 500 ml
(2) Massa benda 0,4 kg
(3) Suhu benda 32 °C
(4) Panjang benda 0,2 m
(5) Lebar benda 0,1 m
Dari data yang diperoleh Ariel yang termasuk besaran pokok dengan satuan SI yang benar adalah....
A. (1), (2), (3)
B. (2), (3), (4)
C. (2), (4), (5)
D. (3), (4), (5)



2. Gilang mengukur panjang sebuah daun dengan hasil pengukuran seperti gambar beriku!








Panjang daun yang diukur Gilang adalah....
A. 0,8 cm
B. 1,2 cm
C. 3,0 cm
D. 3,8 cm

3. Perhatikan sifat zat berikut!
(1) Bentuk tetap
(2) Volume tetap
(3) Bisa dimampatkan
(4) Gerak partikel tidak bebas
(5) Susunan partikel rapat dan teratur
Sifat yang dimiliki oleh sebuah Handphone adalah....
A. (1), (2), (3)
B. (1), (2), (5)
C. (2), (3), (4)
D. (2), (3), (5)

4. Dua termometer digunakan untuk mengukur suhu benda yang sama seperti gambar berikut!











Besar suhu benda (X) saat diukur menggunakan termometer X seperti gambar di atas adalah ....
A. 36 °X
B. 45 °X
C. 76 °X
D. 85 °X




5.  Perhatikan tabel dan gambar berikut!

Pada gambar logam di atas, kuningan dan timah ditunjukkan oleh ....
A. Logam 1 dan logam 2
B. Logam 1 dan logam 3
C. Logam 2 dan logam 3
D. Logam 2 dan logam 4

6. Perhatikan besar kalor jenis beberapa zat berikut!
Kalor jenis zat P = 2.300 J/kg°C
Kalor jenis zat Q = 2.400 J/kg°
Kalor jenis zat R = 2.500 J/kg°
Kalor jenis zat S = 2.600 J/kg°
Chelsea memanaskan 2 kg zat pada suhu 20 °C dengan kalor sebesar 416 KJ sehingga suhunya naik menjadi 100 °C. Zat yang dipanaskan Chelsea adalah....
A. Zat P
B. Zat Q
C. Zat R
D. Zat S



7. Seeker ikan berenang 20 cm dari dasar sebuah aquarium (masse Jenis air 1000 kg/m³). Jika tinggi air pada aquarium 1 m, maka besar Tekanan hidrostatis yang dialami ikan adalah....  (g = 10 m/s²)
A.  6.000 N/m²
B.  8.000 N/m²
C.  10.000 N/m²
D.  12.000 N/m²


Sampai No.7 dulu ya Sobat JJN
Semoga Bermanfaat

Sunday, December 16, 2018

IKON BARU KOTA PADANG "Mesjid di Tepi Pantai Padang"

Salam juara sobat JJN,
     Libur semester akan tiba. Setelah penerimaan rapor semester pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018, sobat JJN sudah bisa berlibur bersama sanak keluarga. Ada yang berencana pulang kampung, berlibur ke luar negeri, paling tidak berlibur ke luar kota.  Namun juga ada yang masih bertahan di kota Padang. 
     Bagi yang masih  bertahan di kota Padang, bukannya tidak mau berliburan. Akan tetapi Kota Padang sebagai ibukota Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah bagus dan bervariasinya dibandingkan kota-kota wisata lainnya di Indonesia. Malahan tidak kalah indahnya dibandingkan tempat wisata di luar negeri. 
     Wisata di kota Padang bervariasi, mulai dari wisata kuliner dengan berbagai macam makanan dan masakan khas minang sampai wisata religi dengan kemegahan dan keindahan tempat ibadahnya. 
     Berbagai jenis kuliner yang dapat dijumpai saat berwisata di kota Padang seperti lamang, galamai, onde-onde, roti randang, pinukuik, karupuak jangek, karipik sanjai, karipik balado, randang, dendeng batokok, itiak lado hijau, gulai kapalo ikan, dan masih banyak kuliner yang lainnya. Selain wisata kulinernya, kota Padang juga memiliki tempat wisata yang bukan hanya indah dan menarik, namun juga mengandung nilai sejarah bahkan nilai religi, salah satunya mesjid tertua di kota Padang yaitu Mesjid Raya Ganting.
     Tempat wisata dengan nilai religi juga akan bisa sobat JJN temui di Pantai Padang. Setelah sukses memperindah Pantai Padang dengan Taman Muaro Lasak plus Monumen Perdamaian dengan Tugu Merpati, Pemerintah Kota Padang melanjutkan pembangunan sebuah mesjid yang dibangun di pantai padang daerah muaro kota Padang. Mesjid Raya yang sudah hampir selesai dibangun di daerah pantai padang ini akan menambah destinasi wisata religi di kota padang. Mesjid Raya di pantai padang ini akan menjadi Ikon Baru wisata bagi sobat JJN yang akan mengunjungi Pantai Padang.


     Mesjid raya di pantai padang ini akan menambah nilai Kota Padang sebagai Kota Wisata Halal di Sumatera Barat. Padang dengan etnis minang yang memiliki falsafah "Adat Basandi Syara', Syarak Basandi Kitabullah" akan  merasa bangga dengan kehadiran mesjid raya di pantai padang ini. Jika sobat JJN berkunjung ke kota Padang, maka sobat JJN akan mendapati kota Padang dengan nuansa islami yang kental apalagi setelah dibangun mesjid raya di Pantai Kota Padang. 


SELAMAT DATANG DI KOTA PADANG
PADANG KOTA TERCINTA, KUJAGA DAN KUBELA

Tuesday, December 4, 2018

Latihan Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas 8

Salam juara sobat JJN,
Setiap hasil yang diterima oleh seseorang tentu akan sebanding dengan apa yang sudah dilakukan untuk memperoleh hasil tersebut. Sebagaimana Newton dalam Hukum ketiganya mengatakan "Jika ada gaya aksi, maka akan muncul gaya rekasi yang besarnya sama akan tetapi arahnya berlawanan". Tentu sama halnya dengan sobat JJN yang sedang melaksanakan Ujian Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019. Saat sobat belajarnya sedikit maka tentunya hasilnya juga sedikit. Sabaliknya, jika sobat JJN giat belajar tentu hasilnya juga akan baik. Belajar bukan hanya membaca ya sobat. Selain itu, untuk mata pelajaran tertentu sobat JJN juga harus belajar dengan cara membahas soal-soal latihan yang diberikan para guru atau soal-soal yang ada pada buku paket atau buku lainnya atau sobat bisa buka website atau blog yang memiliki konten pendidikan, salah satunya tentunya juarajamannow.blogspot.com
Nah, untuk sobat JJN yang duduk di bangku kelas 8 yang hendak berlatih membahas soal-soal persiapan Ujian Semester Ganjil, berikut bisa dipelajari. Adapun soal-soal berikut adalah Latihan Soal Menuju Sukses Ujian Semester Ganjil untuk mata pelajaran IPA terkhusus Fisikanya. Selamat berlatih, semoga ilmunya semakin banyak.


Latihan Soal Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA
Kelas 8 Kurikulum 2013

1. Kiki dan Koko sedang berada dalam Bus Sekolah yang sedang melintasi halte. Di halte sedang duduk Keke yang sedang menunggu Ojek Online. Pernyataan yang benar adalah ....
A. Kiki bergerak terhadap Koko
B. Kiki bergerak terhadap Bus sekolah
C. Koko bergerak terhadap Bus Sekolah
D. Koko bergerak terhadap Keke

2. Andi melihat beberapa peristiwa berikut!
(1) Buah mangga jatuh dari pohonnya
(2) Gerak baling-baling kipas angin
(3) Matahari terbit di timur dan terbenam di barat
(4) Gerak jarum jam dinding
Dari peristiwa yang dilihat Andi yang termasuk gerak melingkar adalah ....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)



3. Sebuah kapal berlayar dari kota A ke kota B kemudian berakhir di kota C. Kota B berada 30 km arah utara dari kota A. Kota C berada 40 km arah barat dari kota B. Jarak tempuh dan perpindahan kapal masing-masing adalah ....
A. 10 km dan 70 km
B. 70 km dan 10 km
C. 50 km dan 70 km
D. 70 km dan 50 km

4. Ridho lari marathon dengan kecepatan 1 m/s. Karena dikejar Anjing galakRidho menambah kecepatan larinya sampai 10 sekon kemuadian kecepatan lari Ridho menjadi 5 m/s. Percepatan lari yang dilakukan Ridho adalah ....
A. 0,4 m/s2
B. 0,8 m/s2
C. 2,5 m/s2
D. 5,0 m/s2

5. Jarak rumah Baim ke sekolahnya 1,8 km. Baim mengendarai sepeda dengan kecepatan 2 m/s. Jika Baim berangkat dari rumah pukul 06.30 WIB maka Baim akan sampai di sekolah pada pukul....
A. 06.35 WIB
B. 06.45 WIB
C. 06.55 WIB
D. 07.05 WIB

6. Jarak kota Padang dan Payakumbuh 150 km. Anto tinggal di Padang dan akan mengikuti tes CPNS di kota Payakumbuh pada pukul 12.00 WIB. Jika Anto berangkat dari Padang menggunakan motor pada pukul 09.00 WIB, agar tidak terlambat maka Anto minimal harus mengendarai sepeda motornya dengan kecepatan .....
A. 40 km/jam
B. 50 km/jam
C. 60 km/jam
D. 70 km/jam

7. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) kecepatan tetap
(2) kecepatan berubah
(3) percepatan nol
(4) percepatan tetap
Song Joong Ki mengendarai motor dengan melakukan Gerak Lurus Beraturan. Pernyataan di atas yang sesuai dengan gerak motor Song Joong Ki adalah....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

8. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Lee Jong Suk melemparkan topinya ke atas
(2) Kim Soo Hyun tidak mengayuh sepedanya saat bersepeda pada jalan menurun
(3) Pesawat yang ditumpangi Park Shin Hye sedang landing di Bandara Sukarno Hatta
(4) Sebuah bola ditendang Aliando pada lapangan berumput
Peristiwa GLBB diperlambat ditunjukkan pada nomor....
A. (1), (2), (3)
B. (1), (2), ($)
C. (1), (3), (4)
D. (2), (3), (4)

9. Perhatikan grafik gerak mobil yang dikendarai oleh Kim Woo Bin berikut!









Jenis gerak yang dilakukan oleh Kim Woo Bin dengan mobilnya adalah ....
A. GLB kemudian GLBB dipercepat
B. GLB kemudian GLBB diperlambat
C. GLBB dipercepat kemudian GLB
D. GLBB diperlambat kemudian GLB

10. Sebuah mobil melaju dengan kecepatan awal 10 m/s. Karena terburu, pengendara melakukan percepatan 2 m/s2. Kecepatan mobil setelah 5 sekon adalah.... 
A.  15 m/s
B.  20 m/s
C.  25 m/s
D.  30 m/s




11. Perhatikan jenis gaya berikut!
(1) Gaya magnet
(2) Gaya gravitasi
(3) Gaya pegas
(4) Gaya otot
Gaya sentuh ditunjukkan oleh nomor....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)


12. Saat Jojo menggunakan ketapel, gaya yang dimanfaatkan adalah ....
A.  Gaya gravitasi
B.  Gaya magnet
C.  Gaya pegas
D.  Gaya listrik

13. Dua tim sedang bertanding dalam perlombaan tarik tambang. Setiap tim terdiri dari 3 orang. Tim 1 menarik tambang dengan gaya 100 N,  120 N, dan 90 N. Tim 2 menarik tambang dengan gaya 80 N, 130 N, dan 110 N. Pernyataan yang benar adalah.... 
A. Tim 1 menang dengan resultan gaya pada tambang 10 N
B. Tim 1 menang dengan resultan gaya pada tambang 20 N
C. Tim 2 menang dengan resultan gaya pada tambang 10 N
D. Tim 2 menang dengan resultan gaya pada tambang 20 N

14. Sebuah TV memiliki massa 5 Kg diletakkan di atas meja. Berat TV tersebut adalah....
A.  0,5 N
B.  5,0 N
C.  10 N
D.  50 N

15. Seorang astronot memiliki massa 72 kg. Jika gravitas bulan seperenam garvitasi bumi,  maka berat astronot di bulan adalah....
A.  12 N
B.  72 N
C.  120 N
D.  720 N



16. Pernyataan berikut yang merupakan contoh peristiwa hukum 1 Newton adalah...
A. Saat mobil direm mendadak, penumpang terdorong ke depan
B. Buah kelapa jatuh dari pohonnya
C. Saat seseorang memukul dinding, tangannya terasa sakit
D.  Ani mengayuh sepeda dengan gaya tertentu sehingga sepeda mengalami percepatan

17. Mobil digas dengan gaya 200 N. Jika massa mobil 800 kg, maka mobil mengalami percepatan sebesar....
A. 0,75 m/s2
B. 0,50 m/s2
C. 0.25 m/s2
D. 0,15 m/s2

18. Perhatikan alat-alat berikut:
(1) gunting
(2) jungkat jungkit
(3) pemecah kemiri
(4) gerobak
Tuas jenis 1 ditunjukkan oleh nomor...
A.  (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (2) dan (3)
D.  (2) dan (4)

19. Dodi dan dodo membantu ibu memindahkan meja sejauh 4 m dengan gaya masing-masing 80 N dan 100 N. Besar usaha mereka berdua adalah...
A.  80 N
B.  320 Joule
C.  400 Joule
D.  720 N

20. Steven menggunakan kayu sepanjang 2 m sebagai pengungkit untuk mengangkat beban 200 N. Jika jarak tumpu ke beban 40 cm, maka besar gaya kuasa yang diperlukan adalah....
A.  100 N
B.  75 N
C.  50 N
D.  25 N


Semoga Bermanfaat
ya Sobat JJN
Kunjungi juga Youtube
Channel Juara Jaman Now
https://www.youtube.com/channel/UCoLxYOXNfqYThoEEAAsbgNQ