Tuesday, June 18, 2019

Soal UN SMP MATEMATIKA

Asslammu'alaikum sobat JJN,
Semoga selalu semangat dalam mempersiapkan diri menuju sukses UN SMP ya. Berbagi itu indah, apalagi sampai pada tahap bisa membantu. Apalagi berbagi itu dilakukan sambil belajar. Yuk sobat JJN belajar sambil berbagi. Terutama kali ini buat sobat JJN yang sedang duduk di bangku kelas 9 SMP di Indonesia. Sobat JJN tentu sedang mempersiapkan diri menuju pelaksanaan UN SMP. Nah, sebagai bahan persiapan sobat JJN dalam berjuang nantinya mengikuti Ujian Nasional (UN), berikut soal Ujian Nasional SMP mata pelajaran MATEMATIKA tahun pelajaran 2016-2017. Semoga bisa menjadi latihan soal sobat JJN yang dibahas dan dijawab bersama teman, guru di sekolah, maupun guru privat di rumah.

SOAL UN SMP
MATA PELAJARAN MATEMATIKA


     
Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA download di sini:
https://juarajamannow.blogspot.com/2019/06/soal-un-smp.htm

Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS download di sini:
https://juarajamannow.blogspot.com/2019/06/soal-ujian-nasional-smp.html

Mata Pelajaran IPA download di sini:
https://juarajamannow.blogspot.com/2019/06/soal-un-ujian-nasional-smp.html


SEMOGA BERMANFAAT
SOBAT JJN

Sunday, June 9, 2019

Kumpulan Beberapa SKL Ujian Semester Genap 2018-2019 Kelas 8 SMP Kota Padang

Assalammu'alaikum sobat JJN,
     Mari biasakan diri untuk selalu membiasakan hal-hal yang baik, salah satunya yaitu belajar sambil berbagi. Apapun yang bisa dipelajari mari isi waktu berharga yang sobat JJN miliki dengan belajar. Begitu juga, apapun yang bisa sobat JJN bagikan selagi bermanfaat maka bagikanlah. 
     Berikut Juara Jaman Now bisa bagi untuk kali ini kepada sobat JJN. Beberapa kumpulan SKL Ujian Semester Genap 2018-2019 yang bisa dijadikan acuan saat belajar mempersiapkan diri menghadapi Ujian Semester Genap tersebut. Adapun SKL Ujian Semester Genap 2018-2019 berikut merupakan SKL Ujian Bersama Semester Genap pada SMP di Kota Padang, baik SMP Negeri maupun SMP Swasta. 

Kumpulan Beberapa SKL 
Ujian Semester Genap 2018-2019 
Kelas 8 SMP Kota Padang

SKL Ujian Semester Genap Matematika bisa download di sini


SKL Ujian Semester Genap IPS bisa download di sini


SKL Ujian Semester Genap IPA bisa download di sini

SKL Ujian Semester Genap PAI dan Budi Pekerti isa download di sini


SKL Ujian Semester Genap PJOK bisa download di sini


SKL Ujian Semester Genap Prakarya bisa download di sini


SKL Ujian Semester Genap Bahasa Indonesia bisa download di sini..

SEMOGA BERMANFAAT
juarajamannow.blogspot.com

Segelintir Materi dan Latihan Soal Sukses UN IPA SMP

Assalammu'alaikum sobat JJN,
     Sambil nyantai tak lupa mencoba belajar dan berbagi bersama sobat JJN. Walaupun pelaksanaan UN SMP 2019 sudah selesai dan UN SMP 2020 masih lama pelaksanaannya, namun mempersiapkan diri belaJar lebih awal tentu akan memberikan manfaat yang lebih baik. Sebagaimana cerita pengalaman salah seorang peraih nilai UN terbaik di Indonesia bahwa mempersiapkan UN jangan sampai dilakukan satu bulan sebelum pelaksanaan UN. Jika menginginkan hasil yang terbaik maka haruslah persiapan Menuju Sukses UN dilakukan sangat jauh sebelum pelaksanaan UN. Jika perlu di awal masuk SMP saat pertemuan pertama PBM dengan guru di kelas, persiapan UN sudah dilakukan. Tentu mempersiapkan diri lebih sangat awal seperti itu akan memberi hasil yang terbaik, bukan hanya dari segi nilai terbaik se Indonesia tapi juga ilmu yang mantap di kepala yang nantinya akan sangat lebih bermanfaat ke depannya.
     Berikut segelintir materi dan latihan soal UN SMP mata pelajaran IPA yang bisa sobat JJN pelajari bersama teman di sekolah, bisa juga dengan guru mata pelajaran, dan juga bisa dipelajari dengan guru les di rumah jika ada. Jika sobat JJN ingin berdiskusi mengenai soal berikut lewat blog ini, bisa juga lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Segelintir Materi dan Soal
Menuju Sukses UN SMP
Mata Pelajaran IPA










BELAJAR DAN BERBAGI
JUARA JAMAN NOW


Thursday, June 6, 2019

SKL Ujian dan Materi Ujian IPA Semester Genap Kelas 8 Kurikulum 2013

Semangat pagi selalu sobat JJN
     Semangat merupakan modal besar untuk sebuah hasil besar dari usaha dan kerja yang dilakukan seseorang. Semoga semangat juga menjadi modal sobat JJN dalam berusaha mempersiapkan diri menghadapi ujian semester genap yang sebentar lagi akan diikuti. Tentu hasil yang diperoleh akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.  Sebagaimana dengan makna yang terkandung dalam Hukum 3 Newton yang berbunyi "Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua, maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama, tetapi arahnya berlawanan".
      Hukum 3 Newton merupakan hukum yang menyatakan tentang konsep aksi dan reaksi. Jika terhadap suatu benda diberikan aksi, maka akan timbul reaksi yang besarnya sama dari benda tersebut. Jika dihubungkan ke dalam konsep belajar, maka dapat dimaknai bahwa jika seseorang belajar dengan baik, maka proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil yang baik. Maksudnya,  cara belajar untuk mendapatkan nilai 100 tentu akan berbeda dengan cara untuk mendapatkan  nilai 40 atau 50. Belajar untuk mendapatkan nilai 100 tentu proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil dengan nilai 100. Belajar yang hanya mungkin mendapatkan nilai 40, maka proses belajar tersebut juga akan memberikan hasil 40.
      Untuk membantu usaha sobat JJN belajar mempersiapkan ujian semester genap tahun ajaran 2018-2019 berikut disajikan materi uji ujian. Meteri ujian berikut merupakan Materi Uji Ujian Semester Genap IPA tahun pelajaran 2018-2019 Kelas 8 Kurikulum 2013 pada SMP di Kota Padang. Semoga bisa menjadi acuan sobat JJN dalam belajar ya.....

Meteri Uji Ujian Semester Genap Kelas 8
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Pelajaran 2018-2019 Kota Padang

1. Konsep tekanan
2. Tekanan pada zat padat
3. Tekanan pada zat cair
4. Gaya apung
5. Tenggelam, terapung, dan melayang
6. Pengangkutan air dan nutrisi pada tumbuhan
7. Tekanan darah pada sistem peredaran darah
8. Organ pernafasan dan fungsinya
9. Mekanisme pernafasan
10. Volume pernafasan
11. Gangguan pada sistem pernafasan
12. Struktur dan fungsi ginjal
13. Proses pembentukan urine
14. Struktur dan fungsi kulit
15. Paru-paru dan hati sebagai sistem ekskresi
16. Gangguan pada sistem ekskresi
17. Konsep getaran
18. Periode dan frekuensi getaran
19. Konsep gelombang
20. Besaran-besaran pada gelombang
21. Karakteristik gelombang bunyi
22. Cepat rambat bunyi
23. Resonansi pada tabung
24. Bagian telinga dan fungsinya
25. Pemanfaatan gelombang bunyi
26. Sifat-sifat cahaya
27. Bayang-bayang
28. Pemantulan pada cermin datar
29. Pemantulan pada cermin lengkung
30. Sifat pembiasan cahaya
31. Pembiasan cahaya pada lensa tipis



SEMOGA BERMANFAAT YA SOBAT JJN
Saatnya Menjadi Juara

SKL Ujian Semester Genap Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum 2013

Assalammu'alaikum sobat JJN,
Semoga selalu sehat dan semangat ya.
Tinggal beberapa hari lagi, sobat JJN akan dihadapkan pada Ujian Semester Genap tahun ajaran 2018-2019. Sudah pada siap atau beluuum? Tentunya sudah ya sobat JJN. Mempersiapkan diri sebelum Ujian dengan belajar merupakan suatu keharusan jika sobat JJN mengharapkan hasil dan nilai yang baik nantinya. Perlu sobat JJN tekankan bahwa mendapatkan nilai bagus itu merupakan suatu hal yang baik, namun di saat sobat JJN sudah belajar dengan baik, namun hasil yang diperoleh tidak sebagus yang diharapkan. Ingatlah bahwa ada yang lebih penting dari hanya sekedar nilai, yaitu ilmu. Dengan belajar tentu sudah banyak ilmu yang tertransfer ke dalam fikiran sobat JJN yang pasti nanti akan lebih bermanfaat daripada hanya sekedar nilai.
Sebagai acuan saat belajar, sobat JJN bisa mempedomani SKL ujian. Nah, berikut merupakan bagian dari SKL Ujian Semester 2 pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2018-2019 yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan di Kota Padang. SKL ujian matematika berikut merupakan SKL Ujian Semester Genap Matematika SMP kelas 7 tahun ajaran 2018-2019 yang sudah dijabarkan menjadi Indikator Pencapaian Kompetensi Ujian.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Ujian Semester Genap Matematika kelas 7
SMP Kota Padang Tahun ajaran 2018-2019 

1. Siswa dapat membedakan masalah yang berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
2. Siswa dapat menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
3. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan/rasio. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
4. Siswa dapat menentukan perbandingan yang ekuivalen. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
5. Siswa dapat menjelaskan perbandingan senilai (proporsi) sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 : 4. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
6. Siswa dapat membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai X dalam 5 : 2 = 10 : X. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
7. Siswa dapat membedakan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
8. Siswa dapat menggunakan berbagai macam strategi termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai. (Materi Uji : Perbandinban, Tarif, dan Skala)
9. Siswa dapat mengenal fenomena atau aktivitas yang terkait dengan aritmatika sosial (penjualan, pembelian, potonban, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, netto, tara). (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
10. Siswa mendapatkan informasi yang terkait dengan aritmatika sosial. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
11. Siswa dapat menentukan hubungan antara penjualan, pembelian, untung, dan rugi. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
12. Siswa dapat menentukan bunga tunggal dan pajak. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
13. Siswa dapat menentukan hubungan antara bruto, netto, dan tara.(Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
14. Siswa dapat memecahkan masalah terkait dengan aritmatika sosial baik melalui tanya jawab, diskusi, atau presentasi. (Materi uji: Untung, rugi, Bunga, Diskon, Pajak, Bruto, Netto, tara)
15. Siswa dapat memahami dan menjelaskan hubungan antar garis
16. Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit.
17. Siswa dapat membagi garis menjadi beberapa bagian sama panjang.
18. Siswa dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat.
19. Siswa dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul).
20. Siswa dapat melukis sudut yang besarnya sama dengan yang diketahui.
21. Siswa dapat membagi sudut menjadi dua sama besar
22. Siswa dapat menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku.
23. Siswa dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis transversal
24. Siswa dapat menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyekesaikan soal
25. Siswa dapat menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
26. Siswa dapat mengenal dan memahami bangun datar segiempat dan segitiga.
27. Siswa dapat memahami jenis dan sifat persegi, persegi panjang, trapezium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut sifatnya.
28. Siswa dapat menjelaskan sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang ditinjau dari sisi, sudut dan diagonalnya.
29. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
30. Siswa dapat menemukan jenis segitiga berdasarkan sifat-sifatnya
31. Siswa dapat memahami keliling dan luas persegi, persegi panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang
32. Siswa dapat memahami keliling dan luas segitiga
33. Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segiempat dan segitiga.
34. Siswa dapat memahami garis-garis istimewa pada segitiga
35. Siswa dapat menerapkan konsep keliling dan luas segiempat dan segitiga untuk menyelesaikan masalah
36. Siswa dapat menyelesaikan soal penerapan bangun datar segi empat
37. Siswa dapat menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan.
38. Siswa dapat mengenal data dalam kehidupan sehari-hari
39. Siswa dapat memahami cara mengumpulkan data
40. Siswa dapat mengolah data
41. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang
42. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram garis
43. Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran
44. Siswa dapat membaca diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran
45. Siswa dapat menafsirkan diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran



SEMOGA BERMANFAAT